Senin, 27 April 2020

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Ebook

Cara membuat daftar pustaka dari ebook menjadi alternatif cara yang banyak digunakan saat membuat karya ilmiah. Sebenarnya ada beragam sumber yang bisa digunakan untuk membuat daftar pustaka, mulai dari buku, jurnal, artikel dan masih banyak lainnya. Bentuknya pun bermacam jenis, tidak selalu berupa buku cetak yang bisa dipegang fisiknya.

cara membuat daftar pustaka dari ebook kutipan


Di era digital sekarang ini sumber referensi bisa berupa ebook yang mana buku-buku cetak tersebut bisa diakses dengan mudah melalui smartphone atau laptop.

Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana caara membuat daftar pustaka dari ebook. Pada dasarnya unsur penulisan daftar pustaka sama, hanya saja sumber-sumber yang dikutip sebagai rujukan dalam skripsi, tesis, disertasi dan jurnal ditulis dengan pereferensian (referencing) yang berbeda.


Unsur - Unsur Daftar Pustaka / Cara Membuat Daftar Pustaka dari Ebook

Cara membuat daftar pustaka dari ebook. Sebelum membahas bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang, sebaiknya kita ulas terlebih dahulu unsur-unsur dalam daftar pustaka yang meliputi:
  1. Nama penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul
  4. Tempat terbit
  5. Nama penerbit
Kalima unsur tersebut wajib ada disetiap penulisan daftar pustaka termasuk dalam cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang. Namun jika ada beberapa unsur yang tidak bisa ditemukan dalam sebuah karya tulis rujukan, maka bisa diberi keterangan tambahan.

Jenis sumber rujukan ada banyak macamnya. Misalnya, kita bisa bisa mendapatkan sumber pustaka dari buku, internet, jurnal, makalah, dan lainnya. Berbagai jenis ini, tentu diketahui asal usul dari mana kita mendapatkan tulisan tersebut. Asal –usul inilah yang sebetulnya perlu kita cantumkan, yang di dalamnya secara umum perlu kelima unsur daftar pustaka di atas.

daftar pustaka dari ebook kutipan


Namun, cara membuat daftar pustaka untuk setiap jenis sumber tersebut bisa berbeda termasuk cara menulis daftar pustaka dari interet tidak ada nama pengarang. Perbedaan ini menyesuaikan jenis sumber rujukan. Agar lebih paham, mari kita langsung melihat bagaimana cara membuat daftar pustaka dari ebook.


Cara membuat daftar pustaka dari ebook sebenarnya sama seperti kita mengambil sumber dari buku, namun perlu mengurutkan sebagai berikut :

  1. Nama pengarang diurutkan menurut alfabet. Penulisan nama harus dibalik dan dipisah dengan tanda koma. Kadang ada lembaga yang menerapkan penulisan nama tidak dipisah dengan tanda koma.
  2. Bila tidak ada pengarang, maka judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabet. Penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar (akademik, keturunan, dan agama).
  1. Bila penulisannya lebih dari satu orang pengarang gunakan tanda koma untuk memisahkannya. Penulisan Judul buku dicetak miring tetapi judul artikel tidak.
  1. Judul buku setiap awal kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata tugas.
  2. Judul artikel ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  3. Jarak (spasi) antara satu referensi (satu judul) dengan referensi (judul lain) sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  4. Sambungan referensi diketik dengan cara menjorok ke dalam 5-7 ketukan dan spasi rapat (tunggal 1).
  5. Jika dari seorang penulis, digunakan beberapa rujukan, nama penulis cukup dicantumkan satu kali. Selanjutnya nama penulis diganti dengan garis (tanda pisah 3M).
  6. Jika untuk seorang pengarang terdapat lebih dari satu bahan referensi, untuk referensi yang kedua dan seterusnya nama pengarang tidak perlu diikutsertakan tetapi diganti dengan garis sepanjang 5 atau 7 ketukan.
  7. Jarak antara baris dan baris untuk satu referensi adalah satu spasi tetapi jarak antara pokok dan pokok lain adalah dua spasi.
  8. Baris pertama dimulai dari margin kiri. Baris kedua dan seterusnya dari tiap sumber harus dimasukkan ke dalam sebanyak 3 atau 4 ketikan.


Demikian cara singkat cara membuat daftar pustaka dari ebook. Semoga artikel ini bermanfaat!