Rabu, 15 April 2020

Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Contoh kutipan bisa digunakan dalam menulis sebuah karya ilmiah. Lantas apa sebenarnya kutipan itu? Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat/ide/gagasan orang lain yang diambil dari sumber tertentu.

Adapun menurut Wikipedia.org kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip. Kutipan dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini.

Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung


Contoh kutipan juga bisa dibagi dalam beberapa jenis yakni kutipan langsung dan tidak langsung.

Kutipan Langsung

  • Tidak mengalami perubahan pada teks yang hendak dikutip.
  • Terdapat penggunaan tanda titik berspasi yang berjumlah 3 buah (. . .) di bagian kutipan yang dihilangkan.
  • Memakai tanda [sic!] pada bagian kutipan yang salah.
  • Terdapat tanda kurawal atau [ ] yang dapat digunakan jika penulis ingin menambahkan informasi pada kutipan yang dicantumkan.

Kutipan Tidak Langsung

  • Mengalami perubahan pada teks yang dikutip.
  • Tidak ada perubahan ide pikiran dari teks yang dikutip.
  • Disampaikan dengan gaya bahasa dan pemahaman penulis terhadap kutipan yang ditampilkan.
  • Diakhiri dengan nomor kutipan, serta tidak diakhiri dengan tanda petik dua. Adapun nomor kutipan yang dicantumkan pada kutipan mempunyai fungsi sebagai catatan kaki yang menerangkan sumber kutipan berasal.
  • Agar kita dapat memahami kutipan langsung dan tidak langsung, berikut disajikan beberapa contoh kutipan langsung dan tidak langsung.

Jenis-jenis Contoh Kutipan Langsung

Kutipan Langsung terbagi atas 2 jenis, yaitu Kutipan Langsung Panjang dan Kutipan Langsung Pendek. Berikut ini syarat dari Kutipan Langsung Panjang yaitu, diantaranya :
  1. APA Style atau American Psychological Association syarat ini dapat digunakan apabila panjang kalimat yang ditulis oleh penulis kutip melebihi 40 kata.
  2. MLA Style atau Modern Language Asociation syara ini dapat digunakan apabila panjang kalimat yang di tulis oleh penulis kutip melebihi 4 baris.
  3. Apabila seorang penulis mengutip sumber bacaan yang berjumlah 4 baris atau lebih teks yang dikutip maka bisa juga diketik pada alenia baru.
Selain terdapat syarat, Kutipan Langsung Panjang juga terdapat sebuah ciri-ciri yaitu, diantaranya :
  1. Kutipan ini dipisahkan dari teks yang lain dengan menggunakan spasi lebih dari teks tersebut
  2. Diberi sebuah jarak yang rapat antar baris didalam kutipan.
  3. Didalam kutipan ini bisa diapit tanda kutip, dan bisa juga tidak.

Contoh Kutipan Langsung Pendek

Kutipan Langsung Pendek ini ditulis menjadi satu didalam sebuah paragraf karya tulis. Tanda petik digunakan untuk memisahkan antara kalimat kutipan dengan kalimat penulis. Sumber kutipan tersebut ditulis dekat dengan kalimat kutipannya.


Dibawah ini terdapat beberapa contoh kutipan Langsung yaitu, sebagai berikut :


Argumentasi adalah sebuah bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sebuah sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan pada akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh seorang penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3).

Contoh Kutipan


Menurut Gorys Keraf diddalam buku Argumentasi dan juga Narasinya berarti (1983:3), argumentasi adalah sebuah bentuk retorika yang berusaha untuk bisa mempengaruhi sikap dan juga pendapat orang lain, agar mereka bisa percaya dan akhirnya mereka bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh seorang penulis atau pembicara.


Pengertian Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah sebuah kutipan yang mengutip kembali kalimat tertentu dengan cara mengubah atau bahkan meringkas kalimat dari sumber aslinya, tetapi tidak menghilangkan makna murni dari sumber aslinya.


Contoh Kutipan Tidak Langsung

Sama halnya dengan contoh Kutipan Langsung, Kutipan Tidak Langsung juga terdapat beberapa contoh yaitu, diantaranya :

Menurut Samuelson (1990 : 216) ketidakseimbangan dari distribusi pendapatan akan mengakibatkan kemiskinan.

”Istilah klausa digunakan untuk merujuk pada suatu deretan kata yang paling tidak terdapat subjek dan predikat, namun belum mempunyai sebuah intonasi atau tanda baca tertentu.”