Jumat, 17 April 2020

Contoh Kutipan Langsung Pendek Dalam Tulisan Ilmiah

Selain pada jurnal, contoh kutipan langsung pendek biasa digunakan dalam penulisan jurnal maupun buku ajar. Contoh kutipan langsung pendek ini merupakan bagian dari kutipan langsung. Ada beberapa perbedaan antara contoh kutipan langsung dan contoh kutipan tidak langsung.

Secara sederhana, kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Dalam kutipan dicantumkan sumber informasi kutipan. Sumber informasi berisi nama, tahun, dan halaman.

Ada dua cara membuat kutipan langsung, yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.


Kutipan Langsung Pendek

Contoh kutipan langsung pendek, panjangnya tidak lebih dari empat baris tulisan kutipan ini langsung diintegrasikan dengan teks, diapit dengan tanda kutip, dan disertai sumber informasi kutipan. Jarak antara baris dengan baris kutipan dua spasi.

Contoh:

Amalia (1999:12) menyimpulkan “Ada hubungan yang erat antara kemampuan berbahasa dan lingkungan sosial tempat tinggal pemakai bahasa.”


Kutipan Langsung Panjang

Kutipan langsung panjang adalah kutipan yang lebih dari empat baris tulisan. Kutipan dipisahkan dari teks, jarak baris dengan baris kutipan satu spasi, kutipan boleh atau tidak diapit dengan tanda kutip. Kutipan disertai sumber informasi kutipan.

Contoh:

Suriasumantri (1987:165) mengemukakan bahwa : “Perbedaan utama antara manusia dan binatang, terletak pada kemampuan manusia untuk mengambil jalan melingkar dalam mencapai tujuannya. Seluruh pikiran binatang dipenuhi oleh kebutuhan yang menyepembahasankan mereka secara langsung mencari objek yang diinginkannya atau membuang benda yang menghalanginya.

Dengan demikian, sering kita melihat seekor monyet yang menjangkau secara sia-sia benda yang dia inginkan; sedangkan manusia yang paling primitif pun telah tahu mempergunakan bandringan, laso, atau melempar dengan batu.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Contoh Kutipan Pendek


Jarak Spasi

Contoh kutipan langsung pendek juga membutuhkanjarak spasi selebar 2,5 spasi antara teks asli dan teks kutipan. Cara ini bisa dipakai apabila kutipan yang diambil berjumlah 4 baris atau lebih. Perlu diperhatikan posisi teks kutipan harus berada di bawah teks asli yang Anda tulis sendiri. Kutipan boleh ditulis dengan menggunakan tanda petik ataupun tidak. Selain itu di dalam teks asli Anda juga perlu menuliskan format nama penulis.

Menyatukan Teks Asli dan Kutipan

Langkah selanjutnya membuat contoh kutipan langsung pendek adalah menyatukan teks asli dan kutipan. Cara ini dilakukan jika kutipan yang diambil hanya berjumlah dua baris. Caranya juga sama dengan sebelumnya. Nama penulis yang dikutip, tanggal dan halaman buku yang dikutip mesti dicantumkan sebelum kutipan.

Menghilangkan Beberapa Kutipan dengan Menggunakan Tiga Tanda Titik (...)

Lain halnya jika Anda ingin mengutip contoh kutipan langsung pendek yang hanya beberapa bagian kutipan saja. Penggunaan tanda tiga tanda titik inilah solusinya. Tiga tanda titik tersebut dapat dipakai di awal kutipan, tengah-tengah, maupun akhir kutipan, tergantung bagian kutipan mana yang dihilangkan.

Menggunakan Tanda Titik Satu Baris Penuh

Jika Anda ingin mempersingkat kutipan, Anda bisa menggunakan tanda titik satu baris penuh. Cara ini dipakai jika kutipan yang seharusnya dua baris, malah kita kutips satu baris saja. Adapun baris yang tidak dikutip diganti dengan tanda titik-titik yang panjang untuk memenuhi baris yang kosong tersebut.

Menyisipkan Kurawal [ ] dan/atau Tanda [sic!]

Anda juga dapat menyisipkan kurawal [ ] dan atau tanda [sic!]. Kurawal bisa digunakan jika penulis ingin menambahkan keterangan pada kutipan yang dipakai. Sementara tanda [sic!] dipakai jika ada bagian kutipan yang salah, entah itu salah secara makna maupun secara penulisan.

Demikian penjelasan tentang contoh kutipan langsung pendek. Penggunaan kutipan langsung pendek bisa diaplikasikan dalam beragam tulisan ilmiah, buku ajar, hingga makalah. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar